FAQ

Bagaimana prosedur pemesanan benih jeruk di KPRI Citrus?

KPRI Citrus melayani jeruk varietas yang sudah dilepas. Pemesanan bisa dilakukan dengan komunikasi awal terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan benih yang dimaksud. Jika benih jeruk ready stock, langsung bisa dipesan dan dikirim. Namun, jika benih belum ada harus indent terlebih dahulu 6-8 bulan. Lebih lengkap bisa dibuka Persyaratan Pemesanan Benih Jeruk di KPRI Citrus

Varietas apa saja yang bisa dipesan?

Varietas yang bisa dipesan adalah yang sudah dilepas/didaftarkan di Kementerian Pertanian. Varietas tersebut meliputi Jeruk, Anggur, Apel dan Lengkeng. Koleksi plasmanutfah yang belum dilepas dan didaftarkan tidak bisa dipesan karena belum teruji secara ekonomis dan masih dalam tahap evaluasi. Informasi lebih lengkap Varietas Jeruk yang Sudah Dilepas (Terdaftar).

Mengapa harus ada minimal order?

KPRI Citrus berkomitmen untuk memenuhi aturan yang ada, yaitu benih yang dijual harus berlabel atau bersertifikat. Hal ini juga sebagai bentuk jaminan kualitas produk yang dijual. Oleh karena itu jika pemesanan dalam jumlah sedikit, 1 atau 2 tentunya secara administrasi menyulitkan bagi petugas yang melayani pemesanan. KPRI Citrus menetapkan jumlah minimal order 100 benih untuk pengiriman. Bagi yang datang ke lokasi KPRI Citrus, akan dilayani tanpa minimal order.

Petani diharapkan hanya memakai benih jeruk yang berlabel biru untuk menjaga kualitas tanaman jeruk dalam jangka panjang. Sebagaimana diungkapkan sebelumnya bahwa penangkar wajib untuk mempunyai SMM (Sistem Manajemen Mutu) yang menjamin produk yang dijual. Dengan adanya SMM akan menjamin konsumen jika terjadi sebuah permasalahan, misalnya ada petani yang komplain mengenai kesalahan varietas, maka yang bertanggungjawab adalah produsen benih dan petani bisa menuntut secara hukum.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s