Jurus Pemerintah Florida Rayu Anak-Anak Gemar Jus Jeruk

Captain Citrus side_httpmedia2.abcactionnews.com

Captain Citrus_media2.abcactionnews.com

Gandeng Marvel, Sebarkan Komik Superhero Captain Citrus

Negara Bagian Florida, AS, memiliki ikon superhero baru, yaitu Captain Citrus. Dia lahir dengan nama John Polk di Florida sebagai anak seorang petani jeruk sitrus. Superhero baru tersebut akan memerangi kejahatan bersama pahlawan super lain yang tergabung dalam The Avengers. Musuh mereka adalah The Leader. Tugas lain Captain yang gagah berani itu adalah mengajak anak-anak mengonsumsi jus jeruk.

Kostum Captain Citrus didominasi warna kuning dan oranye. Dia juga memiliki kekuatan super di bagian atas telapak tangannya yang benama kelopak surya. Sama dengan buah sitrus, kelopak itu mendapat tenaga dari matahari. Captain Citrus diperkirakan menjadi idola baru anak-anak. MulaiSelasa (16/9) sosok tersebut diperkenalkan di berbagai toko buku. Untuk komiknya, baru keluar edisi digital seri pertama.

Sejatinya Captain Citrus adalah ikon lama. Dia diciptakan pada 2011 dengan tubuh gemuk, besar, berbibir tebal, dan mengenakan jubah hijau. Persis jeruk sitrus. Captain Citrus dilahirkan kembali sebagai superhero setelah pemerintah Florida menggandeng Marvel Comics. Mereka membayar USD 1 juta (Rp 11,9 miliar) untuk perubahan image tersebut. Hal itu bukannya tanpa tujuan. Pemerintah Florida ingin Captain Citrus yang baru tersebut ikut mempromosikan jus jeruk sebagai rninuman yang menyehatkan. “Kami ingin orang tidak meminum jus jeruk karena mereka harus meminurnnya, tapi karena minum jus jeruk itu menyenangkan,” tegas juru Bicara Departemen Sitrus Florida David Steele.

Sebagai negara kedua penghasil jeruk terbesar di dunia, pemerintah Florida memang sedang bingung. Konsumsi jus jeruk penduduk AS terus menurun. Penyebabnya, jus jeruk yang beredar di pasaran dituding mengandung terlalu banyak gula sehingga mengakibatkan kegemukan. Padahal, tidak semua seperti itu. Pada 1998 konsumsi jus jeruk per orang per tahun mencapai 6 galon. Namun, saat ini hanya 3,5 galon per orang per tahun. Penjualan jus jeruk terus menurun. Padahal, 80 persen jeruk yang dihasilkan di Florida diolah menjadi jus.

captain citrus avengers - www.mynews13.com

captain citrus avengers – http://www.mynews13.com

Ancaman lain adalah adanya bakteri yang bisa mematikan pohon. Bakteri tersebut disebarkan hama dan tidak bisa disembuhkan. “Captain Citrus mungkin tidak bisa menolong persebaran hama itu. Tapi, kami berharap dia bisa menarik konsumen baru dan masih rnuda untuk minum jus,”ujar Departemen Citrus Florida. Sosok Captain Citrus yang baru tersebut dinilai tepat untuk mempromosikan jus jeruk sebagai minuman yang sehat..Rencananya, bentuk digital komik petualangan Captain Citrus selanjutnya dibagikan ke sekolah-sekolah di 50 negara bagian di AS.

Creative Director Marvel Comics Bill Rosemann mengungkapkan, ini baru kali pertama mereka mengubah ikon yang sudah ada menjadi superhero dalam sebuah komik. Tantangan terbesar adalah membuat sosok baru, namun tetap membawa pesan lama. Yaitu, mempromosikan jeruk sitrus Florida. (AP/Reuters/sha/c5/ami) Novi Gunawan -Perpustakaan Balitjestro – Sumber: Jawa Pos, 18 Sep. 14, halaman 03.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s